Repository untuk Eksperimen Seismologi dan Geomatika


Dalam dunia Machine Learning(ML), terdapat repositori data baik dalam bentuk citra maupun data numeris untuk penelitian di bidang ML, salah satu yang terkenal adalah UCI repository[1]. Salah satu tujuan utamanya adalah ketika ada peneliti mengajukan teknik atau metode baru dan ingin membandingkan hasil percobaannya maka hasil tersebut bisa dibandingkan dengan metode sebelumnya secara langsung karena sampel percobannya sama.

sebagai pemula dalam dunia seismologi dan geomatika, saya belum terlalu tahu, apakah dalam dunia seismologi ada data seismik yang digunakan sebagai basis percobaan, sebagaimana citra Lenna dan Baboon dalam pengolahan citra? sebenarnya di UCI repository[1] sendiri, ada dataset seismic bump, namun tidak terlalu lengkap sehingga kurang cocok dipakai untuk eksperimen.

jika belum ada sebenarnya saya ingin menginisiasi repositori data tersebut.

  1. 2D Land Line from East Texas seismic traces [unduh]

data ini cukup lengkap karena diperoleh dari banyak sensor dan dibangkitkan dari banyak shot. dalam paper saya[2], data ini saya gunakan untuk denoising dan kompresi. di buku [3] data tersebut digunakan untuk ilustrasi dan denoising. di link tersebut, ada source code matlab untuk berbagai percobaan dan data tersebut sendiri sudah dalam bentuk .mat sehingga cukup mudah untuk diolah dengan matlab. untuk penggunaan data tersebut, mohon masukkan referensi [3] dalam publikasi.

trace

post ini akan saya update jika saya menemukan dataset baru.

[1] https://archive.ics.uci.edu/ml/

[2] Nuha, Hilal Hudan; Suwastika, Novian Anggis, “Fractional fourier transform for decreasing seismic data lossy compression distortion,” in Information and Communication Technology (ICoICT ), 2015 3rd International Conference on , vol., no., pp.590-593, 27-29 May 2015

[3] Al-Shuhail, Abdullatif A., and Wail A. Mousa. “Processing of Seismic Reflection Data Using Matlab.” 74th EAGE Conference & Exhibition-Workshops. 2012.


Leave a Reply