Close

Gagasan Utama Internet of Things

Kita mulai dengan sebuah perangkat atau benda selain komputer. misalkan Lemari es kita tambahkan perangkat komputasi dan kita tambahkan akses internet maka hal tersebut bisa kita sebut sebagai IoT. dan perangkat tersebut tidak terlihat sebagai komputer.
Lemari es umumnya membuat bahan makanan tetap dingin dan tak melakukan lainnya. lemari es cerdas memberi tahu ketika pintu terbuka, saringan air perlu diganti, mentega habis, kapan harus beli makanan dengan lemak tinggi, resep apa yang cocok dengan isinya. lemari es cerdas mempunyai fungsionalitas yang tambahan namun masih tidak terhubung.
lemari es IoT
Lemari es IoT bisa memesan bahan makanan ketika persediaan mau habis, bisa mencariharga bahan makanan yang paling murah, memesan saringan air ketika dibutuhkan, mempersiapkan makanan kita, memesan makanan sebelumnya, mencari kecenderungan harga makanan secara keseluruhan di situs berita. Mempunyai kemampuan lebih banyak yang berasal dari internet.

Perangkat IoT
beberapa contoh perangkat IoT antara lain sebuah mobil. Mobil tua mempunyai beberapa bagian seperti setir, mesin, dll. mobil tua tidak punya kemampuan komputasi.
mobil abad 21 mepunyai sistem kendali berbasis komputer seperti rem anti lock. Bagian dasarnya sama punya mesin, roda, pedal, setir dll tapi juga kemampuan komputasi. jika kemampuan akses internet, mobil bisa berjalan mengirim pesan ke polisi atau rumah sakit.

Akses internet memberi akses ke informasi. teknologi barcode memungkinkan kita untuk mengakses informasi. tag RFID cerdas kita bisa mengakses informasi selama dalam jangkauan tanpa harus secara langsung memindai barcode tersebut.

Perbedaan perangkat IoT dengan Komputer
perangkat IoT itu unik. perangkat IoT mempunyai sebuah fungsi utama yang terpisah dari komputasi. seperti Mobil berjalan, telepon melakukan panggilan, dan TV menampilkan acara. Komputasi adalah sebuah sarana untuk sebuah tujuan.
sedangkan komputer tujuan utamanya adalah melakukan komputasi. Program apapun bisa dieksekusi. koputer menjalankan instruksi sesuai kode.
Komputer mempunyai tujuan umum, bisa digunakan untuk menjalankan apapun, tidak secara khusus efisien untuk jenis kode. komputer terhubung ke kamera, bisa menjalankan instruksi untuk mengakses gambar, tapi tidak seefisien kamera digital yang memang ditujukan untuk mengambil gambar.
perangkat IoT mempunyai tujuan khusus. perangkat keras dan lunaknya efisien untuk tujuan tertentu namun tidak untuk tujuan lain. sebuah mp3 player cocok untuk menjalankan musik namun tidak cocok untuk menjalankan video. Sebuah laptop bisa menjalankan keduanya namun kurang efisien. itulah perbedaan antara IoT dengan komputer pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *