Close

Peluang dan Ancaman pada IoT

Tren dalam Adopsi IoT
Bagaimana tren IoT bisa menjadi hal yang sangat revolusioner. Terdapat beberapa tren dalam teknologi yang menunjang munculnya IoT. Dan semua tren tersebut konvergen ke satu arah yang membawa terwujudnya IoT. Salah satunya adalah biaya perangkat keras yang semakin menurun, contohnya pada 1945 Komputer yang ada saat itu ENIAC biayanya mencapai 500000USD, sekarang komputer laptop harganya hanya 500$ yang memungkinkan dari sisi harga untuk menambahkan kemampuan komputasi pada peralatan lain seperti mobil. Tren selanjutnya yaitu ukuran hardware yang semakin kecil, dan semakin ringan untuk memasukkan komputasi ke dalam perangkat. Misalnya pada tahun 1945 ENIAC berukuran 1800 kaki persegi dan sekarang laptop lebih kecil dan ringan. Tren selanjutnya adalah kemampuan komputasi, banyak perangkat komputasi membutuhkan komputasi dan kecepatan signifikan. Hal lain yang membantu munculnya ide IoT yaitu munculnya akses Internet yang bisa dicapai di hampir semua tempat di dunia. Kita juga bisa mengakses internet melalui akses nirkabel seperti telpon seluler WiFi dll. Biaya komunikasi data untuk internet yang semakin rendah dan kecepatan data bandwidth yang semakin tinggi.
IoT sangat Kuat dan tersedia dimana-mana.
Perangkat IoT bisa terhubung ke Cloud. Misalkan Siri memungkinkan pencarian dengan pertanyaan suara. Proses request pada siri bisa dimuali dari proses pengubahan suara ke teks dan penerjemahan yang tidak dilakukan di perangkat namun dilakukan di Cloud. Kita juga bisa menonton video lewat internet tanpat harus menyimpat video. IoT juga tersedia dimana-mana, di rumah ada TV dan perangkat game yang memungkinkan mendengarkan perintah dari pengguna, sistem otomasi di rumah bisa mengendalikan perangkat kita. di tempat kerja, kita punya sensor gerakan kehadiran, dan ada pembaca RFID mendeteksi masuk dan keluar. secara personal, kita punya HP , alat kesehatan seperti pompa insulin untuk penderita diabetes dan pemicu detak jantung untuk orang dengan masalah jantung, kedua alat tersebut menempel di tubuh pengguna. di tempat lain, di manapun misalkan di mobil kita atau di lamput lalu lintas seperti kamera lalu lintas bisa melakukan komputasi dan pengiriman data.
Keuntungan Sosial dari IoT
IoT membuat hidup lebih mudah. Misalkan membantu aktivitas makan lebih mudah dengan pengelolaan makanan melalui lemari es yang mempunyai kemampuan IoT. IoT membuat kita lebih mandiri misalkan perangkat IoT menangani hal hal dimana kita membutuhkan orang lain. Adanya perangkat monitor kadar gula membuat kita tidak harus terlalu sering mengunjungi dokter. Keterhubungan dengan dunia membuat perangkat IoT bisa mengakses informasi. Interaksi global dengan orang lain sangat dimungkinkan.

Resiko, Privasi dan Keamanan pada IoT
Resiko yang terjadi pada masyarakat pengguna IoT, salah satunya adalah isolasi sosial. Resiko lain yaitu munculnya ketergantungan pada teknologi dan infrastruktur. IoT membutuhkan listrik dan jaringan. Hilangnya akses internet dan matinya listrik menjadi masalah yang kritis. masalah privasi dan keamanan yang muncul antara lain, adalah perangkat IoT mengamati kita dimanapun. Misalkany lokasi kita selalu bisa direkam oleh ponsel. Monitor kesehatan akan terus mengamati dan merekam kesehatan kita. TV dan sistem media memungkinkan pencatatan kebiasaan menonton kita. Kartu kredit bisa merekam perilaku belanja kita. Mobil akan mencatat perilaku mengemudi kita. Walaupun begitu data kesehatan bisa memberikan rekomendasi obat obatan untuk kita. Pembelian sebuah perangkat IoT memungkinkan pembuat alat sebuah akses untuk menggunakan dan menjual data kita. data lainnya juga bisa digunakan agen asuransi. misal perilaku mengemudi yang direkam oleh mobil. data bisa jadi disimpan oleh Cloud secara tidak aman dan ketika digunakan data kita tidak dienkripsi.

Leave a Reply

© 2022 A Truthseeker | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d bloggers like this: