Close

Perbandingan Jumlah Laki-Laki dan Perempuan

ada banyak pembahasan tentang perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan. Sering kali banyak pendapat pribadi dan desas desus bahwa jumlah L:P adalah 1:2. Secara genetika peluang lahir anak laki2 sama besarnya dengan peluang lahir anak perempuan,

XY(L):XX(P)

XX(P) XX(P) XY(L) XY(L)–> P:L–>2:2–>1:1

walaupun begitu, bisa jadi peluang selamat sebuah sperma untuk bisa membuahi ovum tergantung dari kondisi kimia misal asam basa kondisi lingkungan.

Orang tua tradisional di Jawa menganggap bahwa anak laki-laki lebih susah di dapatkan dari pada anak perempuan. Padahal data ini tidak terlalu benar data dari http://en.wikipedia.org/wiki/Human_sex_ratio mengatakan perbandingan jumlah L:P di dunia sekitar 1.01:1 artinya setiap kelahiran 101 laki laki berarti ada 100 kelahiran perempuan. Di indonesia sendiri jumlah laki-laki lebih banyak dari perempuan.

Asumsi jumlah P lebih banyak dari L, menjadi alasan beberapa orang untuk melakukan poligami. Rasul SAW juga melakukan poligami. Saya tidak bisa mengatakan bahwa alasan Rasul SAW poligami adalah karena jumlah P lebih banyak dari pada L namun hal tersebut bisa ditunjukkan bahwa sebagian besar istri rasul SAW adalah para janda yang suaminya meninggal akibat perang.

artinya, jika kita telusuri, zaman dahulu perang dan pekerjaan berat yang dilakukan oleh laki-laki sangat memungkinkan terjadinya kematian untuk laki-laki padahal zaman tersebut kehadiran anak perempuan juga dianggap ‘beban’ oleh kaum kafir sehingga banyak pembunuhan terhadap anak perempuan. sehingga bisa jadi kematian akibat perang dan pekerjaan berat, menyebabkan jumlah kematian laki-laki sangat banyak.

Bagaimana dengan sekarang? sekarang perang sudah semakin berkurang, dan pekerjaan-pekerjaan berat sudah semakin ditinggalkan karena sudah ada mesin yang membantu pelaksanaan, sehingga faktor penyebab kematian laki-laki sudah semakin berkurang, dan menyebabkan jumlah laki-laki lebih banyak dari perempuan.

tapi ada juga penelitian bahwa L usia hidupnya lebih pendek dari P, misal untuk kematian bayi, peluang L lebih tinggi dari pada P, http://en.wikipedia.org/wiki/Life_expectancy . dan ada data lainnya yang menyatakan hal yang serupa misal di US http://news.nationalgeographic.com/news/2013/04/life-expectancy-map/ mungkin itu sebabnya jumlah perempuan melebihi laki-laki pada populasi usia > 60an.

ada juga sebab lain hehe

http://www.pinterest.com/diedrisencoming/why-women-live-longer-than-men/

jadi untuk para laki-laki segeralah menikah! (sebelum habis hehe) kecuali siap menikah dengan yg usianya > 50 hehe

 

1 thought on “Perbandingan Jumlah Laki-Laki dan Perempuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *